16 March 2017

Tutorial Animasi Fade Gallery

Animasi Bag 01 - Fade Gallery

Ini merupakan bahasan animasi yang pertama, yakni dengan bantuan animasi fade. Untuk melihat daftar kumpulan animasi lainnya dapat dilihat melalui link dibawah ini.
5 Kreasi Sederhana Animasi Galeri Foto


01. Tempatkan Gambar

Tempatkan gambar pada area slide dengan mengklik ikon Insert Picture, muncul kotak dialog yang menampilkan direktori, segera cari gambar, klik, dan akhiri dengan menekan tombol Insert seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.


Bila sudah, atur sedemikian rupa pada area slide, berikan tepian agar lebih menarik dengan mengklik object, lalu klik Picture Tools, nah untuk memudahkan kita bisa langsung memilih style untuk kumpulan foto, umumnya akan ditampilkan pilihan 3 model, kita drop down dan pilihan lainnya muncul, saya memilih bagian yang pertama, Anda bisa menyesuaikan tergantung selera.

Bila garis tepinya terlalu tebal, Anda bisa mengaturnya agar lebih tipis dengan mengklik Object -> Picture Tools ->  Picture Border. Cari pilihan Width dan atur ketebalan sesuai selera disana.


02. Memberikan Animasi

Klik Tab Menu Animations. Klik Object foto lalu klik Add animations, Pilih Fade pada bagian Entrance atau dengan ikon bintang hijau, Lakukan hal yang sama untuk objek foto lainnya, Anda bisa menggunakan Fitur Animation Painter untuk mempersingkat waktu (Beberapa versi Powerpoint belum menyertakan fitur ini).

Aktifkan Animation pane dengan mengklik tulisan Animation Pane, nantinya akan muncul daftar animasi yang telah kita berikan. Blok semua, lalu klik kanan dan pilih Start With Previous. Ini akan membuat animasi berjalan secara auto ketika slide dijalankan.


04. Pengaturan Animasi

Ketika dijalankan, maka otomatis animasi akan berjalan bersamaan, nah kita akan mencoba melakukan modifikasi agar hasilnya lebih menarik. Klik Objek, maka bagian animasi akan ditunjukan pada animation pane. Lalu atur waktu tunda (Delay). Atur Durasi menjadi 01,00 semua sedangkan Delay menjadi kelipatan 00,50.

Ini berguna untuk membuat jalannya animasi sama (Durasi) sedangkan ada waktu tunda yang teratur. Jadi bila pada bagian animation pane diatur Pictures 1 menjadi durasinya 1, maka delay menjadi 00,00. bagian Pictures 2 durasi tetap, delay menjadi 00,50, sedangkan pictures 3 durasinya tetap, sedangkan delay menjadi 01,00. Sedangkan Pictures 4 delaynya 01,50 dan seterusnya seperti gambar dibawah ini.


Lakukan Slide Show dengan menekan tombol F5 pada Keyboard untuk melihat kreasi buatan Anda. Terlepas dari itu semua, Kreativitas Anda bisa ditunjukan dengan melakukan beragam variasi untuk menyesuaikan selera Anda, Tutorial ini hanya sebagai bagian awal, selanjutnya Anda harus melakukan pengembangan agar hasilnya lebih beragam dan tentunya menarik sebagai animasi galeri foto powerpoint. 

Sampai Jumpa di tutorial selanjutnya, pada bagian selanjutnya kita akan membahas animasi galeri foto dengan variasi motion paths. Selamat Mencoba dan Salam SiPowerpoint.

Kembali ke Daftar 5 Kreasi Sederhana Animasi Galeri Foto
loading...

2 comments:

  1. Langsung saya pelajari ini, biar mantap ilmu yang saya dapat dari blog ini. Kalau dibukukan jadi komersial loh mas.

    Apa ada rencana buat dibukukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih pak, masih mengumpulkan bahan untuk buku.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...