30 April 2015

Cara membuat tirai pembukaan Slide

Persentasi memang butuh awalan slide yang berguna untuk memberi tahu Audien tentang apa yang akan dibahas. Nah, tentunya dalam membuat pembukaan pada slide haruslah cukup optimal, tetap bersih. Kita akan menggabungkan unsur keduanya namun tetap dengan sajian yang kreatif. Ya, kita tak membuat tirai pembuka pada slide sebagai opening presentation. Namun, tentu saja Anda bisa saja memberikan Tombol sulap dengan Powerpoint untuk menuju Slide selanjutnya.

Tirai memang biasa digunakan diatas panggung, namun bukan berarti slide tidak boleh diberikan, ini akan membuatnya canggih namun tetap menarik, biar tidak membosankan. Kita bisa bayangkan, kalau dari pembukaan saja membosankan, bagaimana Audien akan mengikuti slide berikutnya yang mungkin saja akan mengkaji materi lebih dalam.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buat Bentuk Pentagon
Tentunya Anda sudah harus membuat slide baru dengan membuka Aplikasi Microsoft Powerpoint, jangan lupa mengatur Layout menjadi Blank. Klik Ikon shapes pada Tab menu Home. Tarik dan sesuaikan besarnya pada slide, Jangan lupa untuk memutarnya searah jarum lingkaran. Sehingga, bentuknya mirip pensil dengan ujungnya yang lancip.

Gbr.30 Memberikan garis border dengan Shape Outline

Gandakan bentuk ini dengan menekan Tombol Ctrl +d lalu atur sehingga tertata rapi. Bila langkahnya benar, kemungkinan besar Anda hanya mengaturnya satu kali saja. Selanjutnya ? Barisan pentagon akan tersusun rapi meskipun mungkin sampai keluar slide, itu tak jadi masalah. Untuk memberikan warna, gunakan ikon shape Fill dan untuk mengatur pewarnaan pada garis terluar atau border. Anda bisa mengaturnya pada Shape Outline, namun bila tidak ingin memberikan warna garis teluar yakni gunakan No Outline.

02 |  Pembagian Bentuk Pentagon
Pembagian bentuk dimaksudkan agar memberikan kesan bahwa tirai akan dibagi menjadi dua bagian yang memberikan kesan bahwa slide merupakan tirai yang dibuka. Hitung terlebih dahulu jumlah bentuk Pentagon, disini saya kebetulan jumlahnya adalah 12 buah, maka saya membaginya menjadi 2, 6 disisi kanan dan 6 disisi kiri. Lalu, apa kegunaan pembagian ini ?

Gbr.30a Pembagian Bangun Pentagon
Berguna untuk membagi pada sisi kanan dan sisi kiri untuk dilakukan pengelompokan atau Grouping. Untuk membuatnya klik satu demi satu bentuk pentagon seraya mengklik tombol Ctrl pada Keyboard, aternatif lainnya adalah memblok beberapa bentuk pentagon sehingga akan terseleksi lebih cepat, Bila sudah, lakukan grouping dengan menekan Tombol Ctrl + g pada Keyboard atau klik kanan --> Group --> Group. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain dari pentagon yang sudah kita buat sebagai tirai hiasan powerpoint. 

03 | Memberikan Animasi
Animasi yang akan kita sisipkan berupa Motion Paths, Klik elemen yang pastikan sudah dalam kondisi grouping, ditandai dengan garis seleksi yang muncul menyelubungi beberapa bentuk pentagon sekaligus. Sekarang Klik Tab menu Animations --> lalu klik Ikon Add animations --> klik Lines pada Bagian Motion Paths. Aktifkan animation pane dengan menekan Klik Ikon Add animation (Pada beberapa versi, animation pane tidak perlu diaktifkan).

Animation pane berguna untuk memunculkan deretan Animasi yang sudah kita berikan agar terlihat. Bila kita sudah memberikan animasi motion paths, maka seharusnya sudah muncul animasi pertama kita. Klik animasi pertama tersebut, klik Ikon Effect Options pada tab menu Animations. Lalu pilih opsi left (kiri). Kita akan membuat animasi berjalan kearah kiri.

Gbr.30b Mnegatur animasi berjalan kearah kiri

Animasi yang sudah kita buat dapat diterapkan pada sisi kanan, namun perbedaannya terletak pada effect Options, lalu pilih opsi Right. Sekarang seharusnya deretan animasi pada animation pane sudah ada dua buah, sekarang klik satu demi satu pada deret animasi sambil menekan Tombol Ctrl, bila sudah terseleksi semua sekarang klik kanan --> Start with Previous. Ini akan membuat tirai berjalan otomatis saat slide dimainkan. Ada kemungkinan bahwa animasi yang sudah kita buat hanya membuka sedikit atau kurang lebar, untuk membuatnya lebih lebar bisa mengklik tanda panah merah ditarik panjang keluar slide agar pembukaan tirai lebih lebar.

Gbr.30c memberikan Teks
 
04 | Memberikan Pesan Pembuka
Pesan pembuka berfungsi untuk mengisi bagian yang dibuka dari tirai, bukankah hal yang aneh bila tirai dibuka,  namun tidak ada isi didalamnya. Misalnya kita bisa mengisinya dengan Beberapa teks pembuka, untuk membuat teks kita bisa menggunakan Ikon Text box yang terdapat pada Tab menu Insert. Drag secukupnya pada slide lalu ketikkan teks yang diinginkan. Disini saya menggunakan Font Open sans Light dengan ukuran 45px dengan warna abu-abu didalamnya.

Gbr.30d Memberikan animasi Fade

Pesan pembuka yang terdapat didalamnya dapat Anda sesuaikan. Jangan lupa untuk memberikan animasi agar terkesan lebih halus saat muncul. Sama halnya dengan langkah sebelumnya, disini saya menggunakan animasi fade pada bagian Entrance (bintang warna hijau). Muncullah satu lagi deret animasi pada animation pane. Atur sama dengan animasi sebelumnya, yakni Start with Previous.

Gbr.30e mengatur durasi

Namun ada sedikit perbedaan, dengan tetap mengklik animasi bintang hijau saja pada animation pane. Atur delay dan Duration. Duration menjadi 02,00 sedangkan delay 00,60. Ini berguna agar saat tirai dibuka dan berhenti, maka tulisana akan muncul secara perlahan dari tengah.

05 | Percobaan
Untuk mencobanya, Anda bisa menekan Tombol F5 atau klik Ikon start wlide show pada tab menu Slide show. Anda akan menjumpai tirai terbuka tanpa harus diklik, selanjutnya akan muncul judul tulisan yang muncul secara perlahan, semoga tutorial ini dapat membantu Anda dalam menunjukan kesan Kreatif pada Slide Anda, tentu saja dengan penampilan yang cukup menggoda para pengamat   Slide show, meski tentunya Anda bisa mengembangkannya agar hasilnya sesuai keingianan.

Saran :
Anda bisa membuat animasi tirai menutup, selanjutnya diarahkan pada slide selanjutnya yang merupakan topik yang dibahas. Bisa juga meletakkan ini dibagian belakang yang berisi dengan credit maupun copyright atas penggunaan gambar maupun sumber pendukung. Sekian dan Terima kasih.

Artikel #Animasi lainnya :
Slideshow sederhana dari Powerpoint
Membuat anmasi lampion dengan mudah
Membuat animasi lampu sorot dengan mudah
Cara membuat slide show dengan navigasi sederhana
Membuat animasi kredit tulisan mengecil
loading...

23 comments:

  1. Gaul!

    Nanti presentasi kita bisa seperti tayangan opera gitu ya ada tirai pembukaannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Aul, Jadi kayak Persentase bergaya Opera gitu deh.

      Delete
    2. Ya bukan dong pak Zach, tapi bisa juga buat acara opera-opera sendiri gitu, haha...

      Delete
  2. saya jumat depan Insya Allah akan ngajar. dan pake PPt menjadi keharusannya. Insya Allah saya pelajari nih cara pembukaan disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran besar
      Ingin ikut belajar
      Yang mas zach ajar

      Delete
    2. Wah, semoga bermanfaat ya tentunya. Semoga presentasinya juga lancar.

      Delete
  3. Aku coba pahami
    Sampai mengerti
    Pembukaan tirai
    Slide yang bagus ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba tutorialnya
      Semoga bermanfaat tentunya
      Biar keren slidenya
      Terima kasih kunjungannya

      Delete
    2. Lucu juga dibalas dengan puisi juga hehe

      Delete
    3. Biar terkesan lebih menarik aja waktu menjawab tanggapan. Biar nggak monoton gaya jawabannya.

      Delete
  4. Asik juga ya kalau ada jeda pada slide sehingga terlihat berkesan dinamis.

    Dan tentunya kalau ditambah manik-manik lagi semakin hidup lagi suasana dalam slide tersebut.

    Sangat mempesona tutorialnya, saya simpan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh buat usulnya, manik-manik. Buat apa ya kira-kiranya dalam hiasab Powerpoint ? Masih butuh banyak belajar untuk membuatnya agar lebih keren

      Delete
  5. Mantap. Tapi saya lama betul mencobanya. kudu ulet gasabaran sayah

    ReplyDelete
  6. wuiih....bakalan terperangah nih atasan saya jika besok kena giliran presentasi soal proyek jembatan yang akan saya tangani,jika powerpoinnya dipakein tirai pembuka penutup, moga dengan trik sulap tirai ini, presentasi yang akan saya sampaikan di hadapan para kontraktor dan konsultan bakalan acc tanpa syarat...sik..asiiik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mang Koko buat pujiannya mengenai tutorial tirai pembukaan semoga aja sukses presentasinya.

      Delete
  7. Wah, berguna banget nih buat yang mau presentasi :)

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Ah ternyata, kenapa saya selama ini cari cari software pembuat animasi untuk membuat kreasi yang nantinya diupload ke youtube kalau ternyata dengan powerpoint juga begitu menarik,

    Selama ini, powerpoint selalu saya singkirkan saat menginstal ms office sebab menurut saya powerpoint tidak begitu bisa membuat animasi yang menarik, hanya ms. office word, excel dan access saja menurut saya aplikasi yang hebat dari ms office, ternyata anggapan saya salah.

    Sekarang mah, akan saya install powerpoint ah, ada banyak tutorial dan tip hebat untuk dipelajari di SiPowerpoint ini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jelas disayangkan bila Microsoft Office Powerpoint dihapus begitu saja, ada banyak sekali kok Kegunaan Microsoft Powerpoint selain fungsi umumnya sebagai aplikasi presentasi, membuat animasi atau gambar misalnya.

      Delete
  10. wah bagus cocok buat presentasi, aku ctrl + d blognya mas,sangat bermanfaat ini :)
    oiya salam kenal.

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...